Perangkat Lunak Presentasi - Simkomdig

Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi

Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan suatu topik, pendapat ataupun informasi kepada orang lain. Dalam sebuah presentasi terdapat beberapa unsur pokok, yaitu:


1.     pihak yang melakukan presentasi, yang disebut presenter;
2.     peserta presentasi/pemirsa, yang disebut audience; dan
3.     media atau perangkat presentasi.
Pada materi ini akan dibahas bagaimana membuat presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint 2013.
PowerPoint memiliki beberapa fitur yang dapat membantu untuk mempresentasikan gagasan dan konsep. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut.
1.     Slides
Sebuah file presentasi terdiri atas rangkaian slide yang disajikan secara runtut dengan informasi yang tersaji dengan menarik. Informasi yang menjadi konten presentasi dapat berupa teks, tabel, grafik, smartArt, gambar, audio, maupun video.
2.     Mengelola Slide
Mengelola slide yang berarti dapat melakukan duplikasi slide (duplicate slides), memindahkan slide (move slide), mengahapus slide (delete slide), menambahkan section, dan memublikasikan slide.
Duplikasi slide sama saja dengan menyalin slide, yaitu dengan menekan tombol CTRL + C dan paste (CTRL + V) pada tempat yang diinginkan. Dapat juga dilakukan dengan cara klik kanan slide kemudian pilih Duplicate Slide.
Jika slide yang dibuat tidak pada posisi yang tepat, slide tersebut dapat dipindahkan pada posisi yang diinginkan. Misalnya slide 2 akan dipindahkan ke slide 3, dengan cara klik slide 2, pindah (drag) di bawah slide 3 pada panel navigasi.
3.     Ruler, Guides, dan Gridlines
Untuk mengatur posisi objek yang disusun di slide manfaatkanlah Ruler, Gridlines, dan Guides. Klik tab View dan berilah tanda centang pada fitur yang diinginkan di kelompok Show.
4.     Desain Tema dan Latar Belakang
PowerPoint dilengkapi dengan kemampuan mendesain slide, sehingga menjadi lebih menarik ketika pemaparan presentasi.
5.     Slide Master
Slide Master merupakan fitur khusus pada PowerPoint yang digunakan untuk memodifikasi slide dan layout pada presentasi dengan cepat. Memodifikasi slide master berarti memodifikasi seluruh slide yang digunakan.
6.     Hyperlink
Hyperlink digunakan untuk menautkan satu laman web ke halaman web ke laman yang lain. Pada PowerPoint, hyperlink digunakan untuk menautkan laman web, file, e-mail, ke dalam slide.
Hyperlink terdiri atas dua bagian yaitu alamat halaman web (webpage), alamat email, atau lokasi lain dalam bentuk tautan (link), dan tampilan link berupa teks, gambar, atau bentuk (shapes).
Sebagai contoh ingin menambahkan tautan http://www.simulasidigital.seamolec.org dengan tampilan teks Simulasi Digital.
7.     Transisi
Transisi (Transitions) merupakan efek khusus yang terjadi ketika perpindahan dari satu slide ke slide yang lain ketika presentasi ditayangkan. Sebagai contoh digunakan efek menghapus (wipe), efek memudar (fade), atau efek kedip (flash).
8.     Animasi
Pada PowerPoint, dapat ditambahkan animasi (animation) pada teks atau objek yang berada di placeholder yang dipilih. Menambahkan animasi dapat digunakan untuk menarik perhatian audien ke teks atau objek tertentu sehinga konten presentasi lebih mudah dimengerti.
9.     Media
PowerPoint menyediakan fitur insert media yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai jenis media pada saat melakukan presentasi. Dengan penggunaan berbagai media ini, menjadikan presentasi lebih menarik. Media yang dapat diintegrasikan dengan PowerPoint meliputi Video, Audio, dan Screen Recording.
10.          Menayangkan Presentasi
Presentasi yang selesai disunting sebaiknya diuji coba dengan cara menanyangkan slide per slide.
Pemanfaatan berbagai jenis editing dapat dilakukan pada saat slide tersebut ditayangkan, misalnya slide desain, transisi, atau animasi.


Selengkapnya Klik Disini.!
0 Komentar untuk "Perangkat Lunak Presentasi - Simkomdig"

Back To Top