Pengertian dan Sejarah Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang


Pengertian dan Sejarah Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang
Pengertian Microsoft Office
Microsoft Office adalah sebuah program aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft untuk menunjang berbagai kegiatan perkantoran. Microsoft Office dirancang untuk dijalankan dibawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.
Microsoft Office atau yang biasa kita sebut hanya dengan Office adalah sebuah perangkat lunak (software) paket aplikasi perkantoran yang dibuat oleh perusahaan microsoft guna memenuhi kebutuhan dalam urusan perkantoran. Pertama kali diumumkan oleh Bill Gates pada tanggal 1 Agustus 1988, di COMDEX di Las Vegas. Pada awal kehadirannya, Office membundel 3 aplikasi sekaligus di dalam Office Suit, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel dan juga Microsoft Power point.
Selama bertahun - tahun, aplikasi Office terus mengembangkan fitur - fitur nya sehingga semakin kompleks, seperti pemeriksaan pengejaan umum, integrasi data OLE dan bahasa pemrograman Visual Basic for Applications. Microsoft juga memposisikan Office sebagai platform pengembangan untuk perangkat lunak bisnis di bawah merek Aplikasi Bisnis Office. Pada 10 Juli 2012, Softpedia melaporkan bahwa office digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di dunia.
Office diproduksi dalam beberapa versi yang di targetkan untuk berbagai pengguna dan lingkungan komputasi, yang paling banyak menggunakannya adalah pada versi dekstop. Pada PC, office menargetkan pada OS Windows dan Mac OS. Lalu pada browser office juga di sediakan sebagai office online yang berjalan pada browser web, dan yang terakhir office mengeluarkan versi aplikasi untuk mobile yang berjalan pada Android dan IOS.

Microsoft telah mempromosikan Office 365 pada tahun 2013 sebagai sarana utama untuk memperoleh Microsoft Office versi sederhana, ini memungkinkan penggunaan perangkat lunak dan layanan lain pada model bisnis sistemasi berlangganan, dan pengguna menerima pembaruan fitur gratis untuk perangkat lunak selama masa berlangganan, termasuk fitur-fitur baru dan integrasi komputasi awan yang belum tentu termasuk dalam rilis Office "lokal" yang dijual dengan persyaratan lisensi konvensional. Pada 2017, pendapatan dari Office 365 melampaui penjualan lisensi konvensional.
Sejarah Perkembangan Office dari masa kemasa
Microsoft Office 1.5 dan 1.6
Pada tahun 1980an, Microsoft menghadirkan 3 perangkat lunak, yaitu Microsoft Word, Excel dan Power point secara terpisah. Lalu pada tanggal 1 Agustus 1988 Microsoft menggabungkannya menjadi satu yang diberi nama Office suite (bersamaan dengan diumumkannya Office pertama kali). Setelah versi 1.5 dan 1.6, Office langsung meluncurkan Office 3.0 yang lebih dikenal dengan nama Office 92.
Microsoft Office 3.0
Pada tahun - tahun berikutnya Office mengembangkan versi dari microsoft word dari versi sebelumnya yaitu 2.0 menjadi 6.0. Microsoft membuat juga versi Machintosnya dengan Microsoft word versi sebelumnya sampai yang terbarunya (sama seperti Excel, Powerpoint dan mail/Outlook).

Microsoft Office 95
Kemunculan Office 95 pada 24 Agustus 1995 semakin membuat office menjadi andalan di masyarakat dunia. Seolah tidak ingin membuat kecewa user, microsoft mengembangkan paket office dengan versi yang lebih kompleks. kemunculan office 95 bersamaan dengan rilisnya windows 95. Versi yang diberikan office semuanya adalah versi 7.0 dan ditambah dengan Microsoft Schedule di dalamnya. Office 95 menghadirkan 2 versi perilisan, yaitu Office 95 Standar yang berisi paket software Word 7.0, Excel 7.0, Powerpoint 7.0 dan Schedule 7.0. Dan Office 95 Profesional yang ditambahkan dengan Acces 7.0 di dalamnya.
Microsoft Office 97
Pada tanggal 19 November 1996, Microsoft merilis Office 97 dengan penambahan yang sangat banyak, misalnya pengenalan terhadap Command bar, menu dan toolbar lebih sesuai dengan visual designnya, lalu fitur natural language system dan sophisticated grammar checking, dan versi pertama yang menggunakan Office Assistant yang hadir dalam bentuk Clippy the papperclip.
Microsoft Office 2000
Tanggal 29 Maret 1999 merilis Office 2000 untuk manufaktur yang diperbarui dengan fitur dan aplikasi baru yaitu FrontPage yang berguna sebagai aplikasi pengembangan web page yang hanya tersedia pada office premium saja. Pada Office 2000 banyak fitur - fitur yang disembunyikan, salah satunya adalah fungsi macro, karena jarang sekali dipakai oleh pengguna awam, disembunyikannya fitur ini guna menghindari terjangkitnya virus macro. Office 2000 ini adalah versi terakhir yang dapat dijalankan pada windows 95, pada versi ini juga tidak ada product activationnya.
Microsoft Office XP(2002)
Kemunculan Windows XP membuat Office harus lebih mengembangkan lagi versi officenya dalam skala besar. Banyak fitur baru dan aplikasi baru di dalam Office XP ini yaitu fitur save mode yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal/crash. Fungsi ini juga dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah seperti registry yang rusak atau rusak add-in.
Lalu selanjutnya diperkenalkannya Tag Smart yaitu beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti mengkoreksi kesalahan mengetik, dan juga terdapat perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP juga menambahkan element ClipArt dan memutuskan untuk menonaktifkan karakter Clippy. Office XP adalah versi terakhir yang dapat di jalankan pada OS Windows 98 , ME dan NT 4.0. Dan ini adalah versi pertama membutuhkan aktivasi produk sebagai tindakan anti-pembajakan.
Microsoft Office 2003
Pada tahun 2003 Office merilis Office 2003 dan merilis untuk manufaktur pada tanggal 19 Agustus 2003 dan dirilis untuk ritel 21 Oktober 2003. Fitur baru di Office 2003 termasuk manajemen hak informasi, fitur kolaborasi baru, peningkatan dukungan untuk SharePoint, tag cerdas, XML dan perpanjangan penggunaan layanan Office Online.
Office 2003 memperkenalkan dua program baru ke jajaran produk Office, yaitu InfoPath (program untuk merancang, mengisi, dan mengirimkan formulir data terstruktur elektronik) dan OneNote (program pembuatan catatan untuk membuat dan mengatur diagram, grafik, catatan tulisan tangan, rekaman audio, dan teks). Dan juga memperkenalkan perangkat lunak grafis Picture Manager untuk membuka, mengelola, dan berbagi gambar digital.
Dengan dirilisnya Office 2003, Microsoft mengganti nama suite produktivitas Office sebagai sistem terintegrasi yang didedikasikan untuk pekerja informasi. Akibatnya, Microsoft menambahkan branding "Office" ke nama-nama semua program. Office 2003 juga merupakan versi pertama dengan dukungan untuk warna dan gaya visual Windows XP, dan memperkenalkan ikon yang diperbarui.
Office 2003 adalah versi Office terakhir yang menyertakan bilah menu dan bilah alat di semua program, serta versi terakhir yang menyertakan format file "97 - 2003" sebagai format file default. Ini kompatibel dengan Windows 2000 SP3 dan yang lebih baru, tetapi tidak dengan Windows NT 4.0, Windows 98, atau Windows Me.
Dan juga tidak support pada Windows 8, Windows Server 2012, atau versi Windows yang lebih baru. Office 2003 adalah versi terakhir Office yang kompatibel dengan Windows 2000, karena Office 2007 memerlukan Windows XP SP2 atau versi Windows yang lebih baru.
Microsoft Office 2007
November 2006 Microsoft merilis Office 2007. Office 2007 memperkenalkan antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, yang menggunakan ribbon dan menu Office alih-alih bilah menu dan bilah alat. Office 2007 juga memperkenalkan format file Office Open XML sebagai format file default di Excel, PowerPoint, dan Word.
Format baru dimaksudkan untuk memfasilitasi berbagi informasi antar program, meningkatkan keamanan, mengurangi ukuran dokumen, dan mengaktifkan skenario pemulihan baru. Office 2007 memerlukan Windows XP dengan Paket Layanan 2, Windows Server 2003 dengan Paket Layanan 1, atau versi Windows yang lebih baru (ini adalah versi terakhir dari Microsoft Office untuk dijalankan pada Windows XP Professional x64 Edition).
Office 2007 mencakup aplikasi baru dan alat sisi server, termasuk Microsoft Office Groove, suite kolaborasi dan komunikasi untuk bisnis kecil, yang pada awalnya dikembangkan oleh Groove Networks sebelum diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2005. Juga termasuk adalah Office SharePoint Server 2007, utama revisi platform server untuk aplikasi Office, yang mendukung Excel Services, arsitektur klien-server untuk mendukung buku kerja Excel yang dibagikan secara real time antara beberapa mesin, dan juga dapat dilihat dan diedit melalui halaman web.
Dengan Microsoft FrontPage dihentikan, Microsoft SharePoint Designer, yang ditujukan untuk pengembangan portal SharePoint, menjadi bagian dari keluarga Office 2007. Rekannya yang berorientasi pada perancang, Microsoft Expression Web, ditargetkan untuk pengembangan web umum. Namun, tidak ada aplikasi yang disertakan dalam rangkaian perangkat lunak Office 2007. Fungsionalitas pengenalan suara telah dihapus dari program individual di suite Office 2007, karena Windows Speech Recognition diintegrasikan ke dalam Windows Vista.
Pengguna Windows XP harus menginstal versi Office sebelumnya untuk menggunakan fitur pengenalan ucapan. Menurut Forrester Research, pada Mei 2010, Microsoft Office 2007 digunakan di 81% perusahaan yang disurvei (sampelnya terdiri dari 115 perusahaan Amerika Utara dan Eropa dan pembuat keputusan SMB). Lisensi untuk Office 2007 berakhir pada 9 Oktober 2012, dan lisensi diperpanjang lagi sampai dengan 10 Oktober 2017.
Microsoft Office 2010
Pada tahun 2010, Microsoft merilis Office 2010 dan memperkenalkan peningkatan antarmuka pengguna termasuk tampilan Backstage yang menggabungkan tugas manajemen dokumen menjadi satu lokasi. Ribbon yang diperkenalkan di Office 2007 untuk Access, Excel, Outlook, PowerPoint, dan Word disesuaikan penggunaanya di Office 2010. Fitur-fitur baru lainnya termasuk dukungan format file yang diperluas, fitur penulisan bersama yang memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi dan secara bersamaan mengedit dokumen, OneDrive dan integrasi SharePoint dan peningkatan keamanan seperti Tampilan teproteksi, read only, Isolated sandbox environment untuk melindungi pengguna dari konten yang berpotensi berbahaya.
Perbaruan juga di lakukan untuk Office Online, Office Web Apps untuk versi Excel, OneNote, PowerPoint, dan Word berbasis web yang gratis. Office Starter 2010, edisi baru Office, menggantikan Microsoft Works. Office Mobile 2010, pembaruan suite produktivitas seluler Microsoft, dirilis pada 12 Mei 2010 sebagai peningkatan gratis dari Windows Phone Store untuk perangkat Windows Mobile 6.5 dengan versi Office Mobile yang diinstal sebelumnya.
Office 2010 adalah versi Office pertama yang dikirim dalam dua varian untuk IA-32 dan x64, tetapi versi x64 tidak kompatibel dengan Windows XP atau Windows Server 2003. Ini juga merupakan versi pertama yang memerlukan aktivasi produk untuk edisi lisensi volume. Office 2010 mendukung Windows XP SP3, Windows Server 2003 SP2, Windows Vista SP1 atau versi yang lebih baru, meskipun bisa diinstal pada paket layanan XP yang lebih lama melalui eksploitasi registri. Office 2010 adalah versi terakhir Office yang kompatibel dengan Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008 sebagai penggantinya, Office 2013, tidak mendukung sistem operasi ini.
Penerimaan ke Office 2010 secara umum positif, dengan kritik memuji antarmuka tampilan Backstage baru, opsi penyesuaian baru untuk ribbon, dan penggabungan ribbon ke semua aplikasi. Sementara penjualan pada awalnya lebih rendah daripada pendahulunya, namun beberapa waktu berselang melonjak di pasaran. Office 2010 merupakan kesuksesan bagi Microsoft dan melampaui rekor penjualan versi Office sebelumnya. Pada tanggal 31 Desember 2011, sekitar 200 juta lisensi Office 2010 terjual, dan berakhir pada pada 31 Januari 2013.
Microsoft Office 2013
Office 2013 adalah penerus dari 2010 dan mencakup dukungan format file yang diperluas, pembaruan antarmuka pengguna, dan dukungan untuk sentuhan di antara fitur-fitur barunya. Office 2013 cocok untuk sistem IA-32 dan x64 dan kompatibel dengan Windows 7, Windows Server 2008 R2 atau versi yang lebih baru.
Versi Office 2013 disertakan pada perangkat Windows RT. Pengembangan pada versi Microsoft Office ini dimulai pada 2010 dan berakhir pada 11 Oktober 2012, ketika Microsoft Office 2013 dirilis ke manufaktur. Microsoft merilis Office 2013 untuk ketersediaan umum pada 29 Januari 2013. Versi ini mencakup fitur-fitur baru seperti dukungan integrasi untuk layanan online (termasuk OneDrive, Outlook.com, Skype, Yammer dan Flickr), dukungan format yang ditingkatkan untuk Office Open XML (OOXML), OpenDocument (ODF) dan Portable Document Format (PDF) dan dukungan untuk antarmuka multi-sentuh.
Microsoft Office 2016
Microsoft Office 2016 adalah versi suite produktivitas Microsoft Office, menggantikan Office 2013 dan Office untuk Mac Office 2011. Office 2016 dirilis pada macOS pada 9 Juli 2015 dan di Windows pada 22 September 2015 untuk pelanggan Office 365 dan berakhir pada 13 Oktober 2020, dan sebagian besar edisi telah memperpanjang lisensi hingga 14 Oktober 2025. Versi lisensi abadi pada macOS dan Windows dirilis pada 22 September 2015.
Karena penggantinya Office 2019 hanya mendukung Windows 10 atau Windows Server 2019, office 2013 adalah versi terakhir dari Microsoft Office yang kompatibel dengan Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows Server 2012 R2, dan Windows Server 2016.
Microsoft Office 2019
Microsoft Office 2019 adalah versi terbaru dari Microsoft Office, rangkaian produktivitas, yang menggantikan Office 2016. Ini dirilis untuk ketersediaan umum untuk Windows 10 dan untuk macOS pada 24 September 2018. Beberapa fitur yang sebelumnya dibatasi untuk pelanggan Office 365 tersedia dalam rilis ini. Pada tanggal 27 April 2018, Microsoft merilis Pratinjau Komersial Office 2019 untuk Windows 10 dan Pada 12 Juni 2018, Microsoft merilis preview untuk macOS.
Office 2019 mencakup banyak fitur yang sebelumnya diterbitkan melalui Office 365, bersama dengan fitur peningkatan tinta, dukungan LaTeX di Word, fitur animasi baru di PowerPoint termasuk fitur morph dan zoom, dan formula dan grafik baru di Excel untuk analisis data. Microsoft OneNote tidak ada di suite karena versi UWP OneNote yang dibundel dengan Windows 10 menggantikannya. OneNote 2016 dapat diinstal sebagai fitur opsional pada Penginstal Office.
Untuk pengguna Mac, Mode Fokus akan dibawa ke Word, peta 2D akan dibawa ke Excel dan transisi Morph baru, dukungan SVG dan ekspor video 4K akan datang ke PowerPoint, di antara fitur-fitur lainnya. Meskipun dirilis pada bulan yang sama, antarmuka pengguna Office baru di Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook hanya tersedia untuk pelanggan Office 365, bukan lisensi Office 2019 yang berkelanjutan. Antarmuka pengguna Office 2019 mempertahankan bahasa desain Metro dari Office 2016, kecuali bahwa gambar akun Microsoft melingkar.

0 Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Perkembangan Microsoft Office Hingga Sekarang"

Back To Top