RPP Perlindungan Dan Penegakan Hukum PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil Tahun 2019/2020

RPP Perlindungan Dan Penegakan Hukum PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil Tahun 2019/2020

Halo sobat Seputarkomputerdaninformasi.com, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PPKn SMK Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019 atau tahun Pelajaran 2019/2020 informasinya bisa anda simak di bawah ini.

RPP PPKn SMK Kelas XII baik itu semester Ganjil maupun semester Genap dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran di sekolah berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP PPKn SMK Kelas XII disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih.
RPP PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil yang Admin bagikan terbagi atas 5 KD/ Materi, yaitu


RPP PPKn SMK Kelas XII baik itu semester Ganjil maupun semester Genap yang Admin bagikan untuk pembelajaran Kurikulum 2013 kali ini sudah di integrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk Revisi 2019.
Dalam pembuatannya RPP PPKn SMK Kelas XII  baik itu semester Ganjil maupun semester Genap yang Admin dibagikan mengikuti ketentuan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 untuk revisi K13 di tahun 2019 dimana langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Menuliskan Identitas Mata Pelajaran
Penulisan identitas mata pelajaran meliputi Satuan Pendidikan, Bidang Keahlian, Program Keahlian, Mata Pelajaran, Materi Kelas/semester, alokasi waktu, dan Tahun Pelajaran.
2.      Menuliskan Kompetensi Inti
Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.
Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.
3.      Menuliskan Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi.
4.      Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5.      Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.
Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.
6.      Materi Pembelajaran, dimana terdapat
a.         Materi Pembelajaran Reguler
Materi ajar reguler memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk peta konsep sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
b.         Materi Pembelajaran Remedial
Rancangan Materi Remedial untuk diberikan kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM.
c.         Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
7.      Menentukan Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai Kompetensi Dasar atau indikator yang telah ditetapkan.
8.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar-mengajar. Media pengajaran hendaknya dipandang sebagai sumber belajar yang digunakan dalam usaha memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses belajar-mengajar.
9.      Langkah-langkah Permbelajaran
Langkah-langkah pembelajaran yang sistematis diperlukan untuk menjelaskan suatu konsep materi kepada siswa
10.  Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Selengkapnya mengenai RPP PPKn SMK Kelas XII Semester  Ganjil dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini.
RPP Perlindungan Dan Penegakan Hukum - PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil Tahun 2019/2020
Akhir kata penyusun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga tersusunnya RPP Perlindungan Dan Penegakan Hukum - PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil Kurikulum 2013 Revisi 2019 ini Semoga bisa bermanfaat.


0 Komentar untuk "RPP Perlindungan Dan Penegakan Hukum PPKn SMK Kelas XII Semester Ganjil Tahun 2019/2020"

Back To Top