Strategi Mengefektifitas Waktu Untuk Meningkatkan Produktivitas Part 2

Strategi Mengefektifitas Waktu Untuk Meningkatkan Produktivitas Part 2


Tanpa kita sadari, waktu adalah hal yang seringkali kita remehkan. Padahal saat ini, waktu terasa berjalan begitu cepat. Sedikit saja kita lengah, maka lewat sudah waktu yang tepat.
Waktu jualah yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal. Bukankah Tuhan sama-sama memberikan manusia waktu 24 jam sehari? Namun, mengapa ada manusia yang sukses dan ada manusia yang gagal? Jawabannya terletak di bagaimana mereka memanfaatkan setiap waktu yang ada.

Waktu di era informasi juga menjadi sedemikian pentingnya. Bahkan lebih penting dari uang itu sendiri. Uang yang hilang bisa saja kembali, namun waktu yang tela lewat tidak akan pernah kembali. Apalagi kecepatan arus informasi yang datang dan pergi menuntut kita untuk selalu siaga di setiap waktu.
Sayangnya meskipun waktu begitu penting, tidak banyak rekan-rekan yang bisa mengatur dan memanage waktunya dengan baik. Bukannya mendapatkan efisiensi dan produktivitas tinggi, yang ada justru membuang setiap kesempatan dan waktu yang ada dengan percuma.
Padahal jika kita mau menilik sedikit saja, sebenarnya pengelolaan waktu begitu sederhana dan simpel. Kita saja yang sering membuatnya rumit. Apalagi dengan kultur masyarakat Indonesia yang cenderung suka menunda dan tidak on time. Oleh karena itu lewat buku ini, jika Anda benar-benar menerapkan, Insya Allah ke depan hidup Anda akan lebih teratur dan lebih baik lagi. Tidak percaya? Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.!
Berikut 50 Cara Cerdas Menggunakan Waktu:
26.   Apakah Anda merasa memiliki terlalu banyak tugas untuk dikerjakan? Setiap tugas kelihatan seperti sangat mendesak untuk dilakukan? Dan Anda tidak tahu darimana memulainya? Untuk mengatasinya, pilih pekerjaan yang memberikan banyak kepuasan bagi diri Anda. Pertimbangkan antara tugas satu dengan dengan tugas lain dan tanyakan pada diri sendiri, ”Apa yang saya rasakan di penghujung hari setelah menyelesaikan tugas ini?
27.       Apakah Anda pernah mencoba sesuatu yang baru (hobi, olahraga atau pelajaran) tetapi kemudian segera mengabaikannya karena Anda tidak punya banyak waktu lagi? Sebelum memulai suatu hobi atau sesuatu yang baru, cobalah untuk mengeliminasi satu hobi atau sesuatu yang lama, mungkin sesuatu yang tidak Anda sukai. Akan lebih baik jika Anda dapat mengurangi 2 macam hobi.
28.       Jika Anda membeli perlengkapan rumah dan kantor secara borongan atau dalam jumlah yang banyak, maka Anda akan dapat menghemat uang dan waktu belanja. Bahkan tidak jarang jika Anda membeli dalam jumlah tertentu, Anda akan mencapat hadiah atau diskon.
29.       Hal terburuk dari menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan tersebut akan terus membesar dan semakin menumpuk, apalagi jika Anda terus-menerus malas mengerjakannya. Oleh karena itu,  banyak orang akan berkata pada Anda, ”Mengapa lambat sekali, ini bukan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.” karena itu, hindari menunda-nunda pekerjaan, sekalipun pekerjaan itu kelihatan kecil dan remeh.
30.   Cobalah sisihkan waktu untuk membaca puisi. Puisi-puisi yang bagus dapat menumbuhkan keberanian, semangat, dan memperkaya jiwa.
31.  Jangan berkeringat hanya karena Anda melakukan hal-hal kecil. Jika Anda menggunakan waktu hanya untuk melakukan hal-hal remeh, Anda tidak akan pernah menyelesaikan apa pun. Pilih tugas atau pekerjaan besar dengan hasil besar. Simpan energi dan waktu Anda untuk melakukan sesuatu yang penting.
32.   Rasa bersalah adalah musuh besar dalam menghemat waktu. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan terus menerus menyalahkan diri sendiri. Apa yang telah terjadi biarlah terjadi. Camkan bahwa yang penting bukan pada kesalahan Anda tetapi bagaimana Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut dan bagaimana Anda bisa bangkit dari keterpurukan.
33.       Apakah Anda meluangkan cukup waktu untuk mempelajari kesalahan-kesalahan Anda? Setelah melakukan beberapa aktivitas penting, buatlah beberapa catatan. Pertama, daftar apa saja yang telah Anda lakukan dengan baik. Kedua, catat bagian mana yang harus Anda lakukan secara berbeda lain waktu. Jangan hanya memfokuskan diri pada kesalahan-kesalahan Anda.
34. Ketika Anda meninggalkan pesan telepon untuk seseorang, ingat untuk menyertakan informasi tentang : siapa Anda, mengapa Anda menelepon/mencarinya, apa yang ingin Anda bicarakan, dan kapa dia bisa menghubungi Anda. Dengan meninggalkan informasi seperti ini, kesempatan Anda untuk segera dihubungi oleh orang yang Anda cari menjadi lebih besar. Anda juga dapat meminta orang yang mencari Anda untuk meninggalkan informasi yang sama jika dia mencari / meninggalkan pesan telepon untuk Anda. Dengan demikian Anda dapat menelepon balik dengan cepat.
35.  Cobalah sisihkan waktu untuk membaca puisi. Puisi-puisi yang bagus dapat menumbuhkan keberanian, semangat, dan memperkaya jiwa.
36.   Apakah Anda membenci menghabiskan waktu hanya untuk berbelanja? Dalam buku catatan Anda, tuliskan daftar dari kuran baju atau barang-barang kesukaan teman atau orang-orang yang Anda cintai? Suatu saat ketika Anda menemui diskon belanja yang besar, Anda bisa menggunakan referensi dalam buku catatan tersebut untuk membeli sesuatu dan menyimpannya. Suatu saat, ketika Anda harus memberi mereka sebuah hadiah, Anda bisa memberi barang tersebut sebagai hadiah. Ada dua keuntungan disini; selain bisa menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat uang!
37.  Apakah rak buku Anda sudah sangat penuh? Berikan pada teman- teman dan orang-orang yang Anda cintai beberapa buku yang Anda sukai tetapi tidak akan Anda baca lagi. Atau pikirkan untuk mendonasikan beberapa buku untuk keperluan amal atau sekolah. Meskipun demikian, ada beberapa buku yang harus tetap dijaga dan disimpan seperti teman lama.
38.      Jika Anda hanya memfokuskan pada pekerjaan yang menjadi prioritas utama pada setiap harinya, maka pekerjaan Anda akan berakhir lebih baik dan waktu Anda tidak akan terbuang percuma (biarkan pekerjaan kecil lain berlalu).
39. “Berhentilah ketika Anda sedang panas-panasnya”, begitu nasihat Earnest Hemmingway. Kapanpun Anda bekerja, berhentilah pada posisi poin ketika Anda dalam posisi keberhasilan atau ketika bagian pekerjaan Anda telah selesai. Jangan berhenti di tengah-tengah pekerjaan Anda. Tentunya meninggalkan suatu tugas, ketika tugas tersebut selesai dilaksanakan akan membuat Anda lebih rileks di keesokan hari diabndingkan dengan meninggalkan tugas yang setengah selesai.
40.       Ketika Anda berkonsentrasi pada suatu pekerjaan, sementara Anda harus berhenti karena ada janji bertemu dengan seseorang, atau karena suatu perselaan penting lain, atau karena harus  pulang, maka tuliskanlah untuk diri sendiri ”catatan tugas” yang harus Anda lakukan. Jangan membuang waktu sia-sia dengan memikirkan ”apa yang harus saya lakukan”, ketika Anda kembali melakukan tugas/pekerjaan Anda.
41.   Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membaca surat kabar dari halaman satu ke halaman lain, maka baca saja judul-judul berita dan kalau memungkinkan, paragraf pertama untuk berita yang menarik perhatian Anda. Jika Anda menerima laporan bisnis yang panjang, Anda tidak perlu membaca keseluruhan laporan, cukup kalimat pertama di setiap paragraf. Dengan demikian, setidaknya Anda mendapatkan poin-poin dari laporan tersebut.
42.       Untuk mendapatkan gaya hidup dan keterampilan yang ekselen, Anda harus bisa menggunakan waktu Anda untuk lebih banyak mengumpulkan pengalaman daripada benda-benda.
43.   Anda harusnya dapat memilah kapan harus meminta bantuan dan kapan dirasa tidak perlu. Anda tidak selamanya selalu bisa menyelesaikan masalah dan menemukan jawabannya sendiri. Jika Anda merasa tidak mampu menyelesaikan kesulitan, hematlah waktu dengan memanggil seorang ahli.
44.   Banyak orang membuang-buang waktu dengan terlalu banyak berbasa-basi. Teman saya, Jim, seseorang dengan penghasilan besar berkata,”Anda dapat menghemat waktu jika Anda memulai sesuatu pembicaraan dengan langsung mengatakan tentang ap yang Anda inginkan dari mitra bicara Anda.
45.   Apakah Anda mengalami permasalahan dalam membuat suatu keputusan? Ingat keragu-raguan hanya membuang-buang waktu Anda. Ada beberapa trik untuk mengatasi hal ini. Pertama, dan yang paling bagus adalah membatasi pilihan-pilihan Anda. Tentunya akan lebih mudah dan tidak banyak membuang waktu untuk memilih, katakanlah, merah, dan biru, dibandingkan dengan harus memilih antara merah, biru, hijau, kuning, ungu, dan coklat. Kedua, daftar antara pro dan kontra untuk setiap pilihan. Pilih yang lebih banyak mengarah pada klasifikasi pro. Terakhir, tentukan jangka waktu dan pilih pilihan yang membutuhkan waktu paling efektif untuk mengerjakannya.
46.       Apakah Anda memiliki setumpuk kartu nama teman / kolega bisnis di meja kerja Anda, dan Anda seringkali kesulitan mengingat situasi ketika Anda bertemu dengan orang yang namanya ada dalam kartu nama? Inilah strategi yang lebih baik untuk digunakan. Ketika ada seseorang yang memberi Anda kartu nama, segera setelah menerimanya tuliskan dibelakang kartu dimana dan kapan Anda bertemu dengan orang ini dan apa yang didiskusikan. Dengan demikian Anda akan dengan cepat dapat mengingat situasi dimana Anda bertemu dengan orang tersebut.
47.       Jebakan waktu yang sering dialami oleh pemilik perusahaan kecil adalah terlanur mengataka ”ya” untuk melakukan bisnis tertentu, sementara dia tidak punya cukup waktu untuk melakukannya. Tentunya akan lebih bijak jika Anda mengambil nasi tidak melebihi kapasitas piring. Jika memang Anda tahu bahwa Anda tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut, jangan ragu untuk mengatakan ”tidak”. Yakinlah dengan fokus pada suatu pekerjaan tertentu dan memuaskan pelanggan, Anda akan mendapatkan reputasi dan pekerjaan yang lebih baik.
48.   Jika Anda terlibat dalam suatu kecelakaan apakah dokumen- dokumen penting seperti surat asuransi, nomor polisi, atau surat- surat kendaraan ada bersama Anda? Pastikan surat-surat tersebut ada dalam dompet Anda setiap kali Anda berkendara.
49.  Menggunakan waktu untuk berlatih adalah penggunaan waktu yang tepat. Mempelajari teknik bermain piano, berpidato, atau progra komputer baru adalah hal yang sangat positif. Anda perlu mendisiplikan diri dengan berlatih dan terus berlatih untuk mendapatkan kemahiran. Ingat, perlombaan lari tidak dimenangkan oleh pelari yang dapat berlari dengan cepat, tetapi oleh mereka yang terus gigih berlari. Karena itu, teruslah berlatih.
50.   Terkadang waktu melamun adalah waktu yang berkualitas. Teman saya, Chuck melamun ketika berjalan-jalan dengan anjingnya, dan saya melamun ketika fitness. Kadang kita perlu membiarkan pikiran kita mengembara ke jalan-jalan yang sudah kita kenal dan yang belum kita kenal. Ketika pikiran kita mengembara, kita seringkali menemukan jawaban dari suatu permasalahan yang sedang kita hadapi, menemukan ide-ide baru, atau konsep-konsep spiritualitas.

Itulah beberapa langkah menggunakan waktu secara cerdas yang disarikan dari buku yang berjudul "Smart Ways to Save Your Time" yang diterjemahkan oleh teman blogger Mas Arif Maulana (MotivasiArief.co.cc) yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan waktu secara lebih cerdas dan tepat.

0 Komentar untuk "Strategi Mengefektifitas Waktu Untuk Meningkatkan Produktivitas Part 2"

Back To Top