Pesan untuk Emak-Emak yang Telat Eksis di Sosmed


Pesan untuk Emak-Emak yang Telat Eksis di Sosmed

Ilustrasi
Kemajuan jaman bagaikan mata pisau, satu sisi bisa menguntungkan dan sisi lainnya bisa merugikan, tergantung bagaimana menggunakannya. Banyak orang yang berhasil memanfaatkan kemajuan jaman untuk membuat sebuah karya yang menghasilkan, yang lain membuat sensasi yang merugikannya sendiri.

Berbicara tentang kemajuan jaman, di tahun 2019 ini masih jamannya sosial media yang menjadi rajanya. Bahkan dengan tenarnya sosmed, rang-orang yang baru memegang hape dijamin langsung ingin punya sosmed untuk bergaul di dunia maya. Yang awalnya hanya sekedar kepo, lama-lama jadi pengin eksis dan tenar di sosmed.
Jangan kaget ketika membuka akun fb yang sudah usang kemudian mendapati teman-teman lama yang dulu ramai sudah mulai off dan digantikan warga baru yang sedang semangat-semangatnya memviralkan diri. Bukan ABG labil lagi, tapi sekumpulan emak-emak yang kini menguasai sosmed yang satu ini.
Ada yang hobinya upload foto, entah itu sekedar foto masakan, foto liburan bareng suami, foto sehabis dandan, foto kondangan dan lain sebagainya. Menyebarkan kabar heboh yang terkadang gak jelas asli atau hoax. Belum lagi ghibah bareng temen-temen satu genk tongkrongan untuk ghibah mak-emak lain yang nggak sejalan.
Terkadang mereka ini nggak menyadari jika kelakuannya di sosmed bisa dilihat banyak orang dan saking eksisnya sampai lupa jika kelakuannya itu terkadang melewati batas. Entah marah-marah dan menyebarkan masalah pribadi di publik atau kelakuan absurd lain yang terkadang cukup membuat anak muda merasa aneh ketika melihatnya.
Seakan belum cukup eksis di fb, mak-emak ini juga eksis di status WhatsApp untuk membagikan kegiatan hariannya dan tentu saja mengeluh. Sebagian lain yang agak gaul kemudian membuat akun IG untuk membagikan foto anaknya dan foto dirinya yang tengah selfie sehabis dandan. Nggak ada yang salah sih, cuma terkadang aneh saja karena di dunia asli mereka ini pendiam dan terlihat bijaksana banget, tapi saat di dunia maya malah seakan mengeluarkan sisi lain dari dirinya yang cukup mengagetkan.
Semua kelakuan di dunia maya ada efek sampingnya dan beberapa mak-emak yang cukup eksis sudah terlihat hasilnya. Tetangga yang tadinya adem ayem, ada yang mulai ribut-ribut hanya karena masalah singgung-menyinggung di sosmed. Belum lagi yang kelewatan batas hingga akhirnya seakan jadi ABG lagi dan kehidupan rumah tangganya mulai terganggu hingga akhirnya bercerai hanya karena efek dunia maya yang bisa dibilang terlambat mereka cicipi.
Pada dasarnya bukan hanya emak-emak saja, karena banyak pula bapak-bapak berkumis yang juga punya kelakuan absurd di dunia maya. Belum lagi ditambah dengan anak SD yang terlalu dini mencicipi dunia maya yang terlalu bebas ini. Terkadang rasanya kasihan melihat mereka yang polos harus memasuki dunia yang begitu bebasnya. Takutnya kelewatan batas hingga akhirnya jadi masalah.
Nggak kepikiran juga jika mereka mulai mengenal sosmed lain yang lebih nakal lagi, lalu membuat akun dan aktif di dalamnya. Hmm, bisa-bisa malah jadi jalan yang buruk untuk kehidupan awal mereka yang sebelumnya damai dengan kehidupan sederhana.
Mak, menjaga rumah memang membosankan dan jika suami nggak ngajak plesir terkadang membuat hidup terasa membosankan. Tapi, eksis di sosmed bukan pelarian yang baik ketika belum paham dengan skema di dalamnya. Jangan sampai hiburan itu malah jadi masalah bagi kehidupan nyata kalian.
Tidak ada larangan untuk eksis di sosmed, tapi ada baiknya berfikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu di dunia maya. Soalnya internet ini begitu banyak menyimpan rahasia yang tidak kita ketahui dan semakin sedikit kita tahu tapi terlalu banyak aktif malah membuka peluang resiko kerugian bagi kita sendiri.
Jadilah diri sendiri dimanapun berada, jika di dunia nyata kita seorang yang pendiam maka jalani juga sikap itu di sosmed. Lalu, ingatlah bahwa apa yang anda lakukan di dunia maya bisa dilihat siapa saja yang bisa mengaksesnya dan bukan tidak mungkin ada yang memanfaatkan kepolosan anda untuk sesuatu yang tidak baik.

0 Komentar untuk "Pesan untuk Emak-Emak yang Telat Eksis di Sosmed"

Back To Top