Cara Penularan Virus Corona, Bisa Lewat Nafas dan Ludah.



Jakarta, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih mengungkapkan, virus corona 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV, bisa menular melalui batuk dan bersin orang yang terinfeksi virus tersebut.

Daeng menambahkan, penularan juga bisa melalui makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi.

"Dari cairan air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan juga itu bisa menular," ujar Daeng seperti dilansir Antara, Senin (27/1).
1.    Lima cara penularan virus corona.
Virus corona dengan sangat cepat dapat menular, dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya.
a.    Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin;
b.    Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya;
c.    Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir;
d.    Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
e.    Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular.
2.    Penularan virus corona bisa lewat pernapasan, percikan ludah, dan terkena napas
Daeng menuturkan, selain penularan dari hewan ke manusia, virus corona jenis baru itu dapat menular lewat kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu.
"Penularan dengan kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludahnya, terkena napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona itu, atau menyentuh langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi virus itu," jelasnya.

3.    Jangan lakukan kontak tubuh dengan penderita virus corona
Daeng mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke tempat terjadinya penyakit itu.
"Salah satu untuk mencegah terinfeksi virus itu yakni jangan melakukan kontak dengan penderita," tutur Daeng.

4.    Penderita virus corona pertama di Wuhan karena telah memakan sup ular
Penularan virus corona dari hewan ke manusia itu awalnya dari makanan, di mana orang memakan hewan yang membawa virus itu. Pada kasus di Wuhan, Tiongkok, awalnya yang sakit adalah mereka yang telah memakan sup ular.
"Masyarakat jangan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang ada penyakit itu biar tidak tertular," tuturnya.
5.    Gunakan masker sebagai upaya pencegahan dan selalu cuci tangan
Upaya pencegahan lain yakni menggunakan masker, namun masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu panik karena hingga saat ini tidak ditemukan kasus pasien positif terinfeksi virus corona di Tanah Air.

Daeng juga mengimbau agar masyarakat selalu melakukan pola hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan.

"Karena penularan virus ini bisa ke jaringan mukosa di badan, maka jangan gampang mengucek mata, hidung pakai tangan, dan kalau bisa tangannya selalu bersih, misalnya mau kucek mata dan hidung, mau makan, maka tangan sebaiknya dibersihkan dulu," ujarnya.


0 Komentar untuk "Cara Penularan Virus Corona, Bisa Lewat Nafas dan Ludah."

Back To Top