Pengertian Sepakbola - Para Ahli-Pakar dan Umum



Definisi Sepakbola Menurut Para Ahli-Pakar dan Umum

Agus Salim (2008:10)
Pengertian sepak bola adalah olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyakny yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.


Alan Gibbon dan John Cartwright
Sepakbola adalah suatu permainan passing dan running dari pola yang sukar diramalkan dan selalu berubah-ubah,menuntut kesadaran yang tinggi dari pemain dan menuntut suatu kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan bertindak cepat tanpa menunda-nunda.

Alwi
Pengertian sepak bola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

Danny Mielk
Permainan sepakbola adalah suatu cabang olahraga yang masing – masing tim berjumlah 11 pemain dengan tujuan permainan menciptakan goal sebanyak -banyaknya
Erick C. Batty (1982:5)
Pengertian sepak bola adalah permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola ialah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupu tanpa bola.
FIFA
Pengertian sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 11 pemain pada setiap timnya di atas lapangan rumput dengan dimensi panjang lapangan 90-120 meter dan lebar lapangan 45-90 meter
Herwin (2004:78)
Pengertian sepak bolaadalah permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

Joko Purwanto (2004:7)
Pengertian sepak bolaadalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Luxbacher (2008:2)
Pengertian sepak bola adalah pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

Muhajir (2007:22)
Pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawan lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola oleh lawan.

Muhyi Faruq (2008:17)
Pengertian sepak bola adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitanny dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.



Nurhasan (2001:46)
Pengertian sepak bola adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

Remmy Muchtar (1992:27)
Pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

Rohim
Sepak Bola merupakan sebuah permainan yang menantang secara fisik dan mental, kita yang harus melakukan gerakan yang terampil di bawah suatu kondisi permainan yang waktunya terbatas, fisik dan mental yang lelah sambil menghadapi lawan. Kita juga harus berlari beberapa mil dalam satu pertandingan, dalam permainan ini kita harus dapat memahami teknik permainan individu, kelompok dan beregu dalam menentukan penampilan kita di lapangan.

Subagyo Irianto (2010:3)
Pengertian sepak bola adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

Sucipto Dkk (2000:7)
Pengertian sepak bola adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawan yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Wikipedia
Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.



0 Komentar untuk "Pengertian Sepakbola - Para Ahli-Pakar dan Umum"

Back To Top